Shoutmix Chat


ShoutMix chat widget

Sabtu, 13 November 2010

Lomba Biologi, Lomba IPA Kedokteran di OLIMPIADE MEDSPIN 2010


Deadline: 15 November 2010

MEDSPIN COMPETITION 2010 ini mengundang pelajar SMA/sederajat yang berada di wilayah Jawa, Bali, dan NTB. Pelaksanaan babak Penyisihan diadakan di 22 kota yang tersebar di wilayah Jawa dan Bali, sedangkan babak semifinal, final, dan grand final diadakan di Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga Surabaya. MedSpin kali ini, tidak seperti biasanya. Untuk tahun ini, lomba MedSpin dibagi menjadi dua kategori. Yang pertama Olimpiade ( lomba medspin seperti biasanya ) dan yang kedua adalah Paper Competition ( Pacom ).
Kedua lomba ini dipertuntukkan bagi pelajar SMA se-Jawa Bali. Tiap SMA tidak dibatasi dalam mengirimkan wakilnya. Wakil tersebut harus dalam bentuk kelompok. 1 kelompok terdiri dari 3 orang. Lomba ini, terdiri dari 4 babak, babak penyisihan, babak semi-final, babak final dan grand-final.

Kepesertaan

  • Peserta lomba adalah siswa-siswi SMA/sederajat dari kelas I, II, III di wilayah Jawa, Bali dan Nusa Tenggara Barat.
  • Peserta lomba adalah tim yang terdiri dari 3 (tiga) orang. Dalam hal ini harus mewakili sekolah yang sama dengan ketentuan setiap sekolah diperbolehkan mengirimkan lebih dari 1 (satu) tim.
  • Peserta yang telah didaftarkan dalam satu tim tidak dapat digantikan. Apabila salah satu peserta berhalangan dan hendak diganti dengan peserta baru maka tim tersebut dianggap gugur dan dipersilahkan mendaftar kembali sebagai tim baru.
  • Jika terdapat tim yang anggotanya tidak lengkap pada babak penyisihan, tim tersebut diperbolehkan untuk mengikuti lomba dengan anggota yang ada. Namun jika hal ini terjadi pada babak final dan semifinal, maka tim dinyatakan gugur.
PENDAFTARAN
Pendaftaran Online :
  • Mengisi dan menyerahkan formulir pendaftaran online sesuai tata cara yang tertera.
  • Menyerahkan fotokopi kartu identitas (1 lembar) bagi masing-masing anggota yaitu kartu pelajar yang masih berlaku pada saat daftar ulang.
  • Menyerahkan pas foto berukuran 3 x 4 (hitam putih/warna) sebanyak 3 buah dengan diberi identitas di balik foto pada saat daftar ulang.
  • Menyediakan/Mengeprin BUKTI KELENGKAPAN DOKUMEN PENDAFTARAN ONLINE sebanyak 1 rangkap yang telah diisi oleh panitia medspin, sebagai berikut : Peserta akan mendapatkan form pendaftaran dan BUKTI KELENGKAPAN DOKUMEN PENDAFTARAN ONLINE sebagai konfirmasi pendaftaran peserta maksimal 3 x 24 jam di e-mail masing-masing contact person. Dokumen ini diperlukan dalam pengambilan kit peserta (Piagam, notebook, map, dan konsumsi)
  • Melunasi biaya pendaftaran sebesar Rp 100.000,00 per tim dengan menunjukkan bukti pembayaran pada waktu daftar ulang (pendaftaran online hanya menerima pembayaran melalui transfer atau setoran tunai bank) yang akan digunakan untuk pengambilan ID Card Peserta.
Pendaftaran Offline :
  • Mengisi dan menyerahkan formulir pendaftaran offline yang didapatkan melalui sekolah rujukan, guru koordinator pendaftaran maupun mengunduh melalui website resmi Medspin FK Unair : www.medspin2010.com
  • Menyerahkan fotokopi kartu identitas (1 lembar) bagi masing-masing anggota yaitu kartu pelajar yang masih berlaku.
  • Menyerahkan pas foto berukuran 3 x 4 (hitam putih/warna) sebanyak 3 buah dengan diberi identitas di balik foto.
  • Menyediakan BUKTI KELENGKAPAN DOKUMEN PENDAFTARAN OFFLINE sebanyak 2 rangkap yang akan diisi oleh guru koordinator pendaftaran atau panitia medspin, sebagai berikut :
    • 1 rangkap diserahkan kepada peserta untuk dibawa kembali saat daftar ulang.
    • 1 rangkap menjadi dokumentasi panitia yang akan diserahkan kepada peserta saat daftar ulang (telah terlegalisir), sehingga dokumen ini dapat ditukarkan dengan Kit Peserta (Piagam, map, notebook, konsumsi)
    Dokumen ini diperlukan dalam pengambilan kit peserta (Piagam, notebook, map, dan konsumsi)
  • Melunasi biaya pendaftaran sebesar Rp 100.000,00 per tim kepada guru kordinator pendaftaran (wilayah di luar Surabaya) atau panitia medspin (wilayah Surabaya) sehingga mendapatkan kuitansi yang dibawa pada saat daftar ulang untuk ditukarkan dengan ID Card Peserta.

Tata Cara Pendaftaran

Pendaftaran Offline :
  • Menyerahkan biaya pendaftaran dan berkas-berkas yang diperlukan ke Sekretariat Medspin Competition Tingkat SMA/sederajat Se-Jawa, Bali, dan NTB Tahun 2010 yang terdapat di beberapa tempat, yaitu:
    • Untuk Wilayah Kota Surabaya pendaftaran dilakukan di Student Center Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga, Jalan Mayjend. Prof. Dr. Moestopo 47 Surabaya (Kampus A).
      • Senin – Jum’at pukul 15.00-17.30 WIB.
      • Sabtu – Minggu pukul 08.00 – 13.00 WIB.
    • Untuk peserta di luar Kota Surabaya pendaftaran dapat dilakukan melalui guru pendamping dari sekolah rujukan yang telah dipilih. Adapun guru pendamping dan sekolah rujukan pada setiap wilayah dapat dilihat pada lampiran.
  • Pendaftaran maupun pembayaran secara langsung pada hari H yaitu tanggal 21 November 2010 akan tetap diterima dengan ketentuan kapasitas peserta lomba masih memadai serta dengan kemungkinan konsekuensi peserta tidak mendapat kit lomba.
  • Peserta menukarkan kuitansi pembayaran dengan ID Card Peserta pada hari daftar ulang. Untuk wilayah di luar Kota Surabaya daftar ulang dilaksanakan pada tanggal 21 November 2010 (pukul 06.30-08.00 WIB) di masing-masing tempat penyisihan. Untuk wilayah Surabaya dilaksananakan pada tanggal 20 November 2010 (pukul 08.00-15.00 WIB) di Ruang Sidang A Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga dan peserta harus menyelesaikan segala persyaratan lomba saat pendaftaran ulang berakhir.
Pendaftaran Online :
Alur pendaftaran sebagai berikut:
  • Pendaftaran online dapat dilakukan mulai tanggal 20 September 2010 (pukul 00.00 WIB) sampai 15 November 2010 (pukul 15.00 WIB).
  • Mengirimkan biaya pendaftaran sebesar Rp 100.000,00/tim ke:
    Bank : Mandiri
    No. Rekening : 141-00-1045343-9
    Atas Nama : Cindy Cecilia
  • Bukti Pembayaran ini selanjutnya akan dijadikan syarat untuk ditukarkan dengan ID Card Peserta pada saat daftar ulang. Segala administrasi akan ditanggapi hanya jika disertai bukti transfer uang ke rekening resmi Medspin Competition 2010.
  • Membuka website resmi medspin 2010 fk unair : http://www.medspin2010.com/ pada halaman register.
  • Mengisi form pendaftaran online berupa identitas regu dan nomor bukti pembayaran.
  • Mengecek kembali data pendaftaran yang akan dikirimkan karena data yang telah dikirimkan tidak dapat direvisi kembali dan kesalahan penulisan data menjadi tanggung jawab peserta.
  • Mencetak layout form pendaftaran online yang ditampilkan (membubuhkan tanda tangan untuk dikumpulkan pada saat daftar ulang, segala kelengkapan pendaftaran yang perlu dibawa saat daftar ulang tercantum di form pendaftaran peserta).
  • Panitia akan memvalidasi pendaftaran peserta melalui nomor rekening yang dituliskan di blanket pendaftaran maksimal 3×24 jam melalui email peserta berupa Bukti Kelengkapan Dokumen Pendaftaran (BKDP) yang harus dibawa pada saat daftar ulang dan pengisiannya dilakukan oleh panitia medspin daerah. BKDP ini selanjutnya menjadi syarat untuk ditukarkan dengan kit peserta (Piagam, Map, notepad, dan Konsumsi).
  • Jika tidak mendapatkan konfirmasi dalam bataswaktu yang ditentukan dapat menghubungi CP Pendaftaran online : Abdurahman (085648654513) atau Saniya Hanum Permata (085645234069).
  • Untuk memastikan terdaftarnya peserta, informasi dapat diakses melalui website resmi medspin 2010 di www.medspin2010.com (pada account masing-masing pendaftar).
  • Pembagian Piagam dilaksanakan pada hari yang sama dengan pelaksanaan lomba (Penyisihan, Semifinal, Final, dan Grand Final).
  • Segala permasalahan melalui sms akan dilayani sewaktu-waktu dan telepon dilayani pada jam 15.00 – 20.00 WIB
Pelaksanaan
Lomba terdiri dari 5 babak yang akan diselenggarakan dalam 3 hari, yaitu :

Babak Penyisihan

Hari/tanggal : Minggu, 21 November 2010
Waktu : pukul 06.30 WIB s.d selesai
Tempat:
  • SMAN 1 Denpasar (Jalan Kamboja Denpasar)
  • SMAN 3 Bandung (Jalan Belitung 8 Bandung)
  • SMAN 1 Genteng Banyuwangi (Jl. KH. Wachid Hasyim no. 20)
  • SMAN 1  (Jl. Arief Rahman Hakim no. 1 Gresik)
  • SMAN 81 (Jln. Kartika Ekapaksi, KPAD Jatiwaringin, Jakarta Timur)
  • SMAN 1 Jember (Jl. Letjen Panjaitan No. 55 Jember)
  • SMAN 1 Yogyakarta (Jl HOS Cokroaminoto 10)
  • SMAN 2 Jombang (Jl Dr Wahidin Sudirohusodo 1 Jombang)
  • SMAN 2 Kediri (JLN.Veteran NO.7 Mojoroto Kota Kediri)
  • SMAN 2 Lamongan (Jln.Veteran no.1 Lamongan)
  • SMAN 2 Madiun (JL. Biliton NO. 24 Madiun)
  • SMAN 1 Pamekasan (jalan pramuka no 2)
  • SMAN 3 Malang (Jalan Sultan Agung Utara No. 7 Malang)
  • SMAN 1 Sooko Kab. Mojokerto (jalan R.A. Basuni NO. 361)
  • SMAN 1 Mataram (Jl. Pendidikan no.21 Mataram)
  • SMAN 1 Pasuruan (Jl. Soekarno-Hatta 40 Pasuruan)
  • SMAN 1 Probolinggo (Jl. Soekarno-Hatta 137 Probolinggo)
  • SMAN 1 Semarang (Jl. Taman Menteri Supeno  1 Semarang)
  • SMAN 3 Sidoarjo (Jalan Dr. Wahidin no. 130 Sidoarjo)
  • FK Universitas Airlangga (Jalan Mayjen Prof. Dr. Moestopo 47 Sby)
  • SMAN 2 Tuban (Jalan dr.Wahidin Sudiro Husodo 869)
  • SMAN 1 Kedungwaru Tulunggagung (Jl Dr Wahidin Sudirohusodo 12)

Babak Semifinal

  • Semifinal tahap 1
    Hari/tanggal : Sabtu, 27 November 2010
    Waktu : pukul 07.00 WIB s.d selesai
    Tempat : Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga Surabaya
    Peserta : 75 regu yang dinyatakan lolos babak penyisihan
  • Semifinal tahap 2
    Hari/tanggal : Sabtu, 27 November 2010
    Waktu : pukul 13.00 WIB s.d selesai
    Tempat : Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga Surabaya
    Peserta : 30 regu yang dinyatakan lolos babak semifinal tahap 1

Babak Final

Hari/tanggal : Minggu, 28 November 2010
Waktu : pukul 07.00 WIB s.d selesai
Tempat : Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga Surabaya
Peserta : 15 regu yang dinyatakan lolos babak semifinal tahap 2

Grand Final

Hari/tanggal : Minggu, 28 November 2010
Waktu : pukul 10.30 WIB s.d selesai
Tempat : Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga Surabaya
Peserta : 5 regu yang dinyatakan lolos babak final
Sebelum mengikuti setiap babak perlombaan tiap peserta diwajibkan mengikuti daftar ulang dan technical meeting.
Materi Lomba
Materi yang diperlombakan pada babak penyisihan sesuai dengan kurikulum SMA kelas X, XI, XII dan IPA kedokteran meliputi bidang studi :
  • Biologi dengan komposisi soal 34%
  • Kimia dengan komposisi soal 33%
  • Fisika dengan komposisi soal 33%
Materi yang diperlombakan pada babak semifinal sesuai dengan kurikulum SMA dan IPA kedokteran Meliputi bidang studi :
  • Biologi
  • Kimia
  • Fisika
Materi yang diperlombakan pada babak final dan grandfinal sesuai dengan kurikulum SMA dan IPA kedokteran.
UNTUK KISI-KISI OLIMPIADE MEDSPIN BISA DI DOWNLOAD DI LINK DI BAWAH INI
http://www.4shared.com/document/ikSeSxs1/silabus.html

Sistem Penilaian dan Penyeleksian Lomba

Babak Penyisihan
  • Menggunakan perpaduan sistem grade dan jatah pada penyeleksian peserta yang lolos ke babak semifinal.
  • Dalam penyeleksian babak penyisihan, akan dibagi menjadi regio west (yang meliputi tempat seleksi Jabar, Jakarta, Jateng, dan Jogja) dan regio east (yang meliputi tempat seleksi Jatim, Bali, dan NTB)
  • Pengertian sistem grade adalah sistem prioritas nilai berdasarkan urutan rangking yang tertinggi dari seluruh wilayah perlombaan.
  • Pengertian sistem jatah adalah sistem perwakilan minimal 1 regu terbaik dari tiap tempat pelaksanaan lomba untuk masuk ke babak semifinal apabila seluruh peserta dari tempat tersebut tidak masuk dalam urutan nilai 75 teratas.
  • Urutan pengambilan semifinalis yaitu: juara 1, 2, 3 masing-masing regio (regio east dan west) akan langsung lolos ke semifinal. Selanjutnya juara 1 masing-masing wilayah (22 kota tempat pelaksanaan). Yang terakhir adalah peringkat 75 besar nasional selain juara 1, 2, 3 masing-masing regio dan juara 1 masing-masing wilayah pelaksanaan.
  • Untuk peraih tiga nilai tes penyisihan tertinggi di masing-msing regio akan mendapatkan konstribusi, yaitu:
    • Juara I : Plakat, uang senilai Rp 1.500.000,00
    • Juara II : Plakat, uang senilai Rp 1.000.000,00
    • Juara III : Plakat, uang seniali Rp 500.000,00
  • Apabila pada akhir penilaian, terdapat jumlah nilai yang sama, akan dipilih 1 team yang berhak lolos ke babak berikutnya dengan urutan kriteria sebagai berikut :
    • Perhitungan jumlah jawaban yang benar yang terbanyak.
    • Jumlah jawaban yang benar pada soal-soal yang sudah diprioritaskan oleh panitia.
    • Jika tidak ada perbedaan, maka akan diloloskan semua.
  • Hal ini terjadi apabila kapasitas untuk masuk ke babak selanjutnya sudah penuh
  • Dengan 2 sistem ini memungkinkan adanya perwakilan dari tiap-tiap tempat pelaksanaan lomba untuk masuk ke babak semifinal.
    - Penyisihan dilaksanakan 21 November 2010 bertempat di 22 kota yang telah ditunjuk.
    - Babak penyisihan terdiri dari 90 soal dengan waktu pengerjaan 90 menit
    - Model soal adalah multiple choice question ( Tipe ABCDE, Tipe sebab-akibat, Tipe 1234)
  • Sistem penilaian menggunakan system :
    • Benar +4
    • Salah -1
    • Kosong 0
    Jumlah peserta yang lolos ke babak semifinal sebanyak 75 team
Babak Semifinal
  • Semifinal diadakan 27 November 2010 bertempat di kampus FK UNAIR Surabaya.
  • Tiap peserta wajib datang jam 07.00 WIB untuk daftar ulang, dilanjutkan dengan pengarahan oleh panitia.
  • Babak semifinal ini terdiri dari 2 tahap yaitu system rally dan studi kasus yg menuntut kerjasama, kesehatan jasmani, konsentrasi, srategi dan intelektual.
  • Pada babak semifinal tahap 1 (rally) tersedia 15 pos. Tiap pos 3 soal (biologi, fisika, kimia yang diintegrasikan dengan IPA kedokteran)
  • Soal yang diberikan terdiri dari Biologi, Fisika, Kimia yang diintegrasikan dengan IPA kedokteran.
  • Dari babak ini akan diambil 30 tim terbaik yg akan masuk babak semifinal tahap 2 atau studi kasus.
  • Pada babak semifinal tahap 2 (studi kasus) terdiri dari 5 kasus masing-masing berisi 3 pertanyaan yang bisa ditinjau dari masing-masing materi (biologi, kimia, fisika, yang diintegrasikan dengan IPA kedokteran) atau kombinasinya.
  • Dari babak semifinal tahap 2 akan diambil 15 team yang berhak masuk ke babak final berdasarkan nilai tertinggi.
Babak Final
  • Final diadakan 28 November 2010 bertempat di kampus FK UNAIR Surabaya.
  • Tiap peserta wajib datang jam 07.00 WIB untuk daftar ulang, dilanjutkan dengan pengarahan oleh panitia.
  • Pada babak ini akan diberikan soal praktikum dan teori menggunakan system rally.
  • Ada 15 pos yang masing-masing berisi soal praktikum visual dan teori.
  • Dari babak final akan diambil 5 team terbaik berdasarkan nilai tertinggi yang berhak masuk ke babak grandfinal untuk memperebutkan juara.
Babak Grandfinal
  • Grandfinal diadakan 28 November 2010 bertempat di kampus FK UNAIR Surabaya.
  • Babak grandfinal merupakan babak perebutan juara yang terdiri dari 3 bagian yaitu cepat tepat, praktikum, dan presentasi.
  • Pada bagian cepat tepat, akan diberi 35 pertanyaan rebutan yang dijawab oleh team yang menekan tombol pertama kali dengan penambahan nilai untuk jawaban benar dan pengurangan nilai untuk jawaban salah.
  • Pada bagian praktikum, setiap team diwajibkan melakukan praktikum sesuai tema dan membuat laporan praktikum dengan penilaian teknis praktikum dan hasil laporan praktikum.
  • Pada bagian presentasi, setiap team diwajibkan membuat bahan presentasi berdasar tema yang didapat dan mempresentasikannnya, serta menjawab pertanyaan seputar presentasi dari dewan juri.
  • Nilai pada masing-masing bagian akan diakumulasi untuk menentukan juara. Dari babak grandfinal akan dipilih 3 regu pemenang dengan hadiah:
    • juara I: Trophy bergilir Mendiknas, Trophy tetap Medspin 2010, Piagam, Uang tunai sebesar Rp. 5.000.000,00.
    • Juara II: Trophy bergilir Gubernur Jawa Timur, Trophy tetap Medspin 2010, Piagam, Uang tunai sebesar Rp. 4.000.000,00.
    • Juara III: Trophy bergilir Walikota Surabaya, Trophy tetap Medspin 2010, Piagam, Uang tunai sebesar Rp. 3.000.000,00.
    • Juara Harapan I: Rp 500.000,00 Piagam.
    • Juara Harapan II: Rp 500.000,00 Piagam.
  • Keterangan babak semifinal, final, dan grandfinal yang lebih detail akan disampaikan saat technical meeting menjelang masing-masing babak.
Segala kewenangan kunci jawaban sepenuhnya merupakan otoritas panitia dan tidak bisa diganggu gugat.
Pengumuman
Segala pengumuman baik sebelum maupun sesudah pelaksanaan akan diumumkan ke email peserta masing-masing dan akan diposting di website resmi medspin 2010.
Pengumuman hasil lomba akan diumumkan setelah pelaksanaan lomba pada hari itu juga.
Pengumuman Babak Penyisihan: 21 November 2010 14.30-14.45
Pengumuman dan Technical Meeting Babak Final: 27 November 2010 15.00-15.30
Pengumuman pemenang dan Penutupan: 28 November 2010 14.30-15.00
PAPER COMPETITION (PACOM)
Medical Science and Application Paper Competition (PACOM) adalah lomba karya tulis ilmiah yang diselenggarakan oleh Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga Surabaya. Lomba yang bersifat invitasi dan terbuka bagi seluruh pelajar SMA/sederajat dari semua kelas (X, XI, dan XII) baik negeri maupun swasta yang ada di daerah Jawa, Bali, dan NTB ini merupakan salah satu ajang yang dinaungi oleh Medspin. Tema yang dipilih tahun ini adalah “Medical Update of Infectious Disease for Better Indonesia”.

Kepesertaan

  • Peserta lomba adalah siswa-siswi SMA Negeri/Swasta atau sekolah menengah lain yang sederajat dari kelas I,II,III di wilayah Jawa, Bali, dan NTB.
  • Peserta lomba adalah  regu yang terdiri dari 3 (tiga) orang. Dalam hal ini harus mewakili sekolah yang sama dengan ketentuan setiap sekolah diperbolehkan mengirimkan lebih dari 1 tim.
  • Peserta yang telah didaftarkan dalam satu tim tidak dapat digantikan. Apabila salah satu peserta berhalangan dan hendak diganti dengan peserat baru maka tim tersebut dianggap gugur dan dipersilahkan mendaftar kembali sebagai tim baru
Dari babak final akan dipilih 3 tim terbaik dengan hadiah:
Juara I:
Uang Senilai Rp 2.000.000,00
Trophy Bergilir Gubernur Jawa Timur + Trophy Tetap
Juara II:
Uang Senilai Rp 1.000.000,00
Trophy Bergilir Rektor UNAIR + Trophy Tetap
Juara III:
Uang Senilai Rp 750.000,00
Trophy Bergilir Dekan UNAIR + Trophy Tetap
Pendaftaran
Bagi peserta yang lolos seleksi ke tahap presentasi, harap membawa bukti pendaftaran (bagi yang mendaftarkan diri secara langsung) / bukti pembayaran asli (bagi yang tidak mendaftarkan secara langsung) pada saat pendaftaran ulang.

Syarat Pendaftaran

  • Mengisi Form pendaftaran yang dapat di download di website: www.medspin2010.com
  • Menyerahkan karya tulis rangkap 4 dan softcopynya dikirim lewat email FORISMA: forismafkunair@yahoo.com dengan menuliskan “Pacom 2010”. Selain softcopy, dalam email harus dituliskan asal SMA, nomor telepon SMA, dan biodata pemimpin grup
  • Karya dilengkapi dengan form pendaftaran, pas foto masing-masing 3 (tiga) lembar ukuran 3×4 dengan diberi identitas di balik foto, fotokopi kartu pelajar masing-masing 1 (satu) lembar , dan disertai surat pengantar dari SMA.
  • Melunasi biaya pendaftaran Rp. 75.000,00/ tim
  • Pendaftaran dimulai tanggal 20 September 2010 – 29 Oktober 2010.

Pendaftaran Secara Langsung

Menyerahkan karya tulis dan kelengkapannya ke Sekretariat Medspin 2010 Paper Competition yang bertempat di Student Center Lt. 1 H 110 GRAHA BIK IPTEKDOK Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga Jalan Mayjen. Prof. DR. Moestopo 47 Surabaya.

Pendaftaran Secara Tak Langsung

Dengan Ketentuan :
  1. Mengirimkan karya tulis beserta kelengkapannya selambat-lambatnya diterima panitia tanggal 29 Oktober 2010 pukul 17.00 WIB ke:
      Panitia Paper Competion for Senior High School 2010. Student Center Lt 1 H 110 GRAHA BIK IPTEK-DOK Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga Jl. Prof. Dr. Moestopo 47 Surabaya, Kode Pos 60131 Telp. 031-50202251, 5020252, 50202253 Fax. 031-5022472 Email : forismafkunair@yahoo.co.id Contact person : Nabilah (08563069088)
  2. Mengirimkan biaya pendaftaran sebesar Rp75.000/tim ke:
      Bank                   : Mandiri Cabang UNAIR Surabaya No. Rekening       : 141-00-0978288-9 Atas nama          : Rahmat Hariyanto Fotokopi bukti pembayaran harap disertakan dalam berkas kelengkapan karya tulis.
Pelaksanaan lomba

Lomba terdiri dari 2 tahap:

  1. Tahap seleksi:
    Tahap ini berlangsung sejak batas terakhir dikumpulkannya karya tulis pada tanggal 29 Oktober 2010 hingga diumumkannya 10 tim finalis pada tanggal 10 November 2010
  2. Tahap presentasi (final):
    Hari/Tanggal:. Sabtu, 27 November 2010
    Waktu: 07.30- selesai
    Tempat: Ruang Sidang A Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga
    Peserta: 10 tim yang lolos pada tahap seleksi
    Daftar ulang untuk tahap presentasi (final) dilakukan 30 menit sebelum tahap presentasi dimulai.

Kriteria dan Aturan Penulisan Karya Tulis

Sifat dan isi tulisan harus memenuhi syarat-syarat sbb :
  1. Obyektif;
  2. Logis dan sistematis;
  3. Tulisan berdasarkan telaah pustaka, tetapi bukan hasil penelitian eksperimental;
  4. Materi karya ilmiah studi pustaka sebaiknya disesuaikan dengan tema yang telah ditentukan.
  5. Tema : Medical Update of Infectious Disease for Better Indonesia
  6. Subtema :
    • Medical Update of Tuberculosis
    • Medical Update of Dengue Fever
    • Medical Update of Malaria
    • Medical Update of HIV/AIDS
Setiap karya siswa diharapkan mendapat bimbingan dari seorang guru secara intensif.

Sistematika Penulisan

Sistematika penulisan hendaknya berisi rancangan yang teratur minimal sbb :
Bagian awal
  1. Halaman Judul
  2. Lembar pengesahan
  3. Lembar pengesahan harus ditandatangani oleh Guru Pembimbing dan Kepala Sekolah lengkap dengan stempel sekolah.
  4. Abstraksi
  5. Kata pengantar dari penulis
  6. Daftar isi dan daftar lain yang diperlukan seperti daftar gambar, tabel dan lampiran.
Bagian inti
  1. Bab Pendahuluan
    Bagian pedahuluan berisi hal-hal sbb:
    • Latar Belakang
    • Rumusan Masalah
    • Tujuan Penulisan
    • Manfaat Penulisan
  2. Bab Telaah Pustaka
  3. Kerangka Konseptual/Kerangka Teori/Kerangka Berpikir
  4. Bab Pembahasan
  5. Bab Penutup
    Bagian ini berisi kesimpulan dan saran.
Bagian akhir
  1. Daftar Pustaka ditulis dengan sistem Havard
  2. Daftar Riwayat Hidup, judul karya-karya ilmiah yang pernah dibuat, penghargaan ilmiah yang pernah diraih.
  3. Lampiran (jika diperlukan).

Aturan Penulisan Karya Tulis

  • Ukuran Kertas : A4
  • Batas Kertas   : atas= 4 cm, kiri=3 cm, kanan=3 cm, bawah=3 cm
  • Jarak baris      : 1,5 spasi
  • Huruf               : Times New Roman 12
  • Penomoran Halaman di pojok kanan atas
  • Karya maksimal  25 halaman ditulis dalam bahasa Indonesia

Kriteria dan Penyelesaian

  1. Kriteria Penilaian Karya Tulis
    • Format Makalah
    • Krieatifitas gagasan
    • Topik yang dikemukakan
    • Data dan Sumber informasi
    • Pembahasan, simpulan, dan transfer gagasan
  2. Kriteria Penilaian Presentasi
    • Penyajian: sistematika, isi, alat bantu, bahasa, sikap, dan ketepatan waktu
    • Tanya jawab
Pengumuman
Segala pengumuman baik sebelum maupun sesudah pelaksanaan akan diumumkan ke email peserta masing-masing dan akan diposting di website resmi medspin 2010.
Pengumuman hasil lomba akan diumumkan setelah pelaksanaan lomba pada hari itu juga.
Pengumuman Babak Penyisihan: 21 November 2010 14.30-14.45
Pengumuman dan Technical Meeting Babak Final: 27 November 2010 15.00-15.30
Pengumuman pemenang dan Penutupan: 28 November 2010 14.30-15.00
UNTUK FORM OLIMPIADE MEDSPIN 2010 BISA DI DOWNLOAD DI LINK DI BAWAH INI
http://www.4shared.com/document/baZnEP0r/formmedspin.html
UNTUK FORM PAPER COMPETITION(PACOM) BISA DI DOWNLOAD DI LINK DI BAWAH INI
http://www.4shared.com/document/LOnzqCx-/formpacom.html
UNTUK KETERANGAN LEBIH LANJUT BISA DILIHAT DI WEBSITE MEDSPIN
http://www.medspin2010.com/

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More